Band Metal Asal Bali Jadi Tesis dan Bahan Kuliah Profesor Di Berkeley University (AS)

Ternyata.id – Eternal Madness (EM) adalah band metal asal Bali yang didirikan pada 1993. Dalam perjalanan bermusiknya, EM acapkali diulas dan diwawancarai media-media internasional mengenai konsep musik dan liriknya yang dianggap “original” metal menggabungkan elemen musik tradisional (khususnya Bali).

Jeremy Wallach, seorang profesor dari Berkeley University (AS), memasukkan EM ke dalam tesisnya, juga meminta izin pemakaian lagu dari EM untuk bahan kuliah di kampusnya.

EM berhasil membuka batasan baru di genre death metal yang lebih sering disebut sebagai konsep lunatic ethnic death metal. Kegigihan serta keteguhannya dalam meramu musik dengan lirik-lirik yang amat membumi dan mudah dipahami membuat EM mampu bertahan dalam musik death metal hingga sekarang.

Apa yang mereka tuangkan dalam lirik benar-benar terkonsep dengan rapi dan memiliki pesan moral. Bukan sekadar ornamen guna memenuhi kebutuhan akan kesangaran sebuah musik metal saja.

Single terbaru mereka The Truth of Imagination yang tergabung dalam kompilasi Metal Rebel (Swedia);  The Best South East Asia Metal Bands. Kompilasi ini dibundel bersama dalam buku dengan judul Labour of Love and Hate, dokumentasi band-band metal Asia oleh kakak-beradik John Resborn & Lena Resborn. Single ini juga merupakan lagu sampel untuk proyek album EM berikutnya.

photo : posbali

Formasi EM saat ini terdiri atas Moel Madness (bass/vokal), Death Ra (gitar1), Agus Aris (gitar2) dan Ayak Narasimha (drum). Saat didirikan tahun 1993, EM terdiri atas tiga personel yakni Moel Madness (bass/vokal), Cax Wisnu (gitar), dan Ari Separatis (drum). Album pertama mereka, Offerings to Rangda dirilis pada Juli 1997 secara independen.

cover album offering to rangda

Dalam sejarah musik di Bali, EM adalah pionir untuk penggarapan dan distribusi album band secara DIY (do it yourself) yang kemudian diikuti oleh band-band Bali lainnya, seperti Superman Is Dead. “Dalam tahun yang sama, kami diundang bergabung di Metaliklinik di bawah label Musica. Album ini merupakan kompilasi dari band-band metal terbaik Indonesia.

Album kedua Bongkar Batas dirilis pada tahun 1999 diselesaikan oleh Moel Madness dan Didot yang menggantikan Cax Wisnu. Pada tahun itu juga, EM kembali diundang bergabung di Metaliklinik 3 dengan mengikutsertakan single berjudul Dusta Sejarah. Tahun 2002, personel EM kembali berubah, Death Ra menggantikan Didot. Dengan bantuan additional drummer Pandi ‘Ghebes’ dari Sadistis Band (Jakarta), tahun 2007 EM meluncurkan album Abad Kegilaan (Century of Madness) yang dirilis oleh Rottrevore Records.

Pada November 2016 Eternal Madness telah mengeluarkan video clip dari lagu yang berjudul The Truth Of Imagination (Sumber :POS BALI ONLINE)

 

%d bloggers like this: