Ternyata Lagu Yang Paling Sering Di Putar Di Radio Sepanjang Sejarah…

Ternyata.id, Ternyata “Stairway to Heaven” merupakan lagu yang paling sering di putar di radio sepanjang sejarah.

Lagu yang berdurasi cukup panjang ini (08:02 Menit) di “release” pada 8 November 1971 dalam album yang tanpa nama oleh band Led Zeppelin, yang kemudian album ke IV itu sering disebut dengan “Led Zeppelin IV”.

photo : amazon.com

Led Zeppelin merupakan band heavy metal yang pling populer dan berpengaruh sepanjang masa. Bahkan musik Led Zeppelin tetap diminati dan sering diputar di radio rock lebih dari dua abad setelah band ini bubar pada tahun 1980.

Sampai saat ini. Led Zeppelin telah menjual 300 juta album secara global dimana 100 juta diantaranya terjual di pasar Amerika Serikat.

Stairway to Heaven  adalah satu2nya lagu yang direkam dengan menggunakan semua gitar2 utamanya. Suara gitar di bagian awal direkam dengan gitar akustik merk Harmony (sekarang dipajang di Museum Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland, Ohio), di bagian rythm lagu dengan menggunakan gitar elektrik 12 senar merk Fender, dan di bagian akhir dengan gitar Gibson Les Paul 1959 (warna sunburst, pemberian dari Joe Walsh, gitaris Eagles). Sebelum direkam, Jimmy mengulik menggunakan gitar Fender Telecaster untuk mengarang improvisasi bagian solonya.Menurut Jimmy, dia paling banyak menulis lirik di ke 3 album Led Zeppelin sebelumnya. Waktu merekam album ke 4 ini, dia mengharapkan peran Robert untuk menulis lirik. Waktu aransemen lagu ini hampir jadi, lirik yang dikerjakan Robert ini sudah 80% selesai. Robert ingat waktu mendengarkan Jimmy sedang mengarang bagian instrumental intro lagu ini, waktu itu dia sedang bad mood menulis liriknya pun asal-asalan. Tetapi tiba-tiba tangannya menulis kata-kata “there’s a lady who’s sure all that glitters is gold and she’s buying a stairway to heaven…” dan waktu sadar, Robert langsung terkejut, sepertinya lagu ini memang sudah waktunya untuk diciptakan dan sepertinya ada sesuatu yang mendorongnya untuk selesai. Jimmy ingat waktu Robert menanyakan pendapatnya mengenai kalimat “bustle in your hedgerow” dan langsung setuju untuk dimasukin ke dalam lirik lagu. Menurutnya, biarinkan saja orang-orang memikirkan sendiri artinya dan bebas dengan interpretasi masing-masing. Liriknya punya kharisma dan menarik untuk ditelusuri arti di belakangnya. Siapa sih “lady” yang dimaksud dalam lagu ini? Arti dari “buying a stairway to heaven” itu apa? Sang “lady” muncul lagi di bagian akhir lirik: “And as we wind on down the road/ our shadows taller than our soul/ there walks a lady we all know…” Munculnya karakter “lady” membuat lagu yang panjangnya sekitar 8 menit ini menjadi seperti sebuah misteri. Lagu inis udah pernah direkam oleh puluhan musisi top, di antaranya adalah Frank Zappa, dan pernah direkam dalam berbagai versi musik, dari musik country, bluegrass, reggae (Dread Zeppelin di album “5,000,000”) sampai jazz (gitaris Stanley Jordan membawakan instrumental di album Stolen Moments). Grup rock Butthole Surfers juga pernah membuat plesetan lagu ini untuk judul albumnya, Hairway To Steven

Konon di dalam lagu ini terdapat unsur-unsur pemujaan setan bila lagu ini diputar secara backward atau reverse, jika di perhatikan pada bait berikut : If there’s a bustle in your hedgerow Jika ada kesibukan di pagar pepohonanmu Don’t be alarmed now, Jangan kaget, It’s just a spring clean for the May queen Itu hanya saat bebersih untuk ratu bulan Mei Yes, there are two paths you can go by but in the long run Ya, ada dua jalan yang bisa kau lalui namun dalam jangka panjang There’s still time to change the road you’re on Ada waktu untuk mengubah jalan yang kau lewati BERIKUT BENTUK LIRIKNYA BILA DI PUTAR LAGUNYA DENGAN CARA DI BACKWARD… oh here’s to my sweet Satan Oh inilah untuk saya Setan manis the one whose little paths would make me sad Yang sedikit jalan yang akan membuat saya sedih whose power is Satan yang kekuatannya adalah setan he’ll give you give you 666 Dia akan memberi mereka dengan dia 666 there was a little toolshed where he made us suffer sad Satan adasedikit gudang peralatan di mana ia membuat kita menderita, sedih Setan. Anda percaya? Apakah ini sebuah kebetulan? Jika ini kebetulan, maka ini adalah kebetulan yang sangat-sangat fenomenal. Tapi saya rasa tidak, karena lagu ini memang dilafalkan agak ‘aneh’ dan dari salah satu liriknya ‘cause you know sometimes words have two meanings‘ menandakan sepertinya ini benar-benar direncanakan. Jika ini terencanakan berarti Led Zeppelin adalah band yang terjenius sepanjang masa, karena pada masanya yang pada era musik analog, belum mengenal digital, mereka bisa membuat bait lagu yang bila direverse artinya akan berbeda. Padahal saat itu teknologi reverse hampir tidak ada sama sekali. Dan temuan ini menurut saya tidak akan membuat Led Zeppelin menjadi dibenci karena lirik Satanic-nya, tetapi malah membuat mereka semakin keren.

%d bloggers like this: